Selasa, 27 Agustus 2013

KPU Trenggalek Kurangi Cadangan Surat Suara di 4 Kecamatan

Beritatrenggalek.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, terpaksa mengurangi cadangan surat suara di empat kecamatan setempat, karena keterbatasan logistik.

Empat kecamatan yang cadangan surat suaranya tidak sesuai ketentuan tersebut masing-masing adalah PPK (panitia pemilihan tingkat kecamatan) Durenan, Watulimo, Munjungan, serta Panggul.

"Secara keseluruhan logistik Pilkada Jatim aman, tapi memang ada empat kecamatan yang jumlah cadangan surat suaranya dikurangi, dari seharusnya 2,5 persen jumlah DPT (daftar pemilih tetap) menjadi dua (2) persen," terang Komisioner KPU, Suripto, Selasa (27/8).

Sementara logistik surat suara untuk 10 kecamatan lain seluruhnya terpenuhi sesuai kuota dan ketentuan sebagaimana diatur dalam undang-undang penyelnggaraan pemilu, yakni sebanyak 2,5 persen dari jumlah DPT.

Suripto menegaskan, pengurangan ataupun pembatasan surat suara cadangan di empat PPK/kecamatan tersebut tidak direkayasa.

Ia memastikan pengurangan tersebut tidak akan mempengaruhi pelaksanaan Pilkada Jatim yang akan dihelat, Kamis (29/8).

"Kebetulan saja penyortiran logistik surat suara empat kecamatan ini dilakukan terakhir,
sehingga begitu diketahui ada kekurangan (cadangan), kami memutuskan melakukan pembatasan secara seragam," jelasnya.

Menurutnya, surat suara cadangan hanya disiapkan untuk mengantisipasi jika ada surat suara pemilih yang rusak ataupun pemilih luar daerah yang mencoblos di tempat lain karena alasan tertentu.

"Surat suara DPT di masing-masing TPS sudah terpenuhi, logistiknya juga sudah disortir dan insyaallah tidak ada kerusakan. Jadi seharusnya (kekurangan cadangan surat suara) tidak berpengaruh signifikan," tandasnya.

Pilkada Jatim dijadwalkan digelar serentak, Kamis (29/8) di 38 kabupaten/kota se-Jawa Timur.

Ada empat pasangan calon yang maju dalam bursa Pilkada Jatim, yakni pasangan petahana Soekarwo-Saifullah Yusuf (Karsa), Eggi Sudjana-Mohammad Sihat (Eggi-Sihat), Bambang DH-Said Abdullah (Jempol), serta Kofiffah Indar Parawangsa-Herman Sumawiredja (Berkah).

Total jumlah pemilih sesuai DPT Pilkada Jatim tercatat sebanyak 30.019.300 orang, terdiri dari 14.805.723 laki-laki dan 15.213.577 perempuan.

Sementara untuk DPT Pilkada Jatim di Kabupaten Trenggalek disebut Suripto mencapai 556.949 suara yang tersebar di 14 kecamatan 157 desa/kelurahan.
Sumber: antarajatim.com

Advertiser