Terbaru

52 Tahanan Rutan Trenggalek Mendapat Remisi

Beritatrenggalek.com -  Bertepatan dengan HUT ke 68 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, Sabtu 17 Agustus 2013 Rumah Tahanan Kabupaten Trenggalek kembali memberikan remisi kepada 52 tahanan dari 154 tahanan yang ada. Pemberian remisi yang digelar setiap tahun ini dihadiri oleh Bupati Trenggalek, Forkopimda,Kepala SKPD .

Seperti disampaikan oleh Kepala Rutan Trenggalek dalam laporannya bahwa dari jumlah penghuni 154 orang, sebanyak 52 napi mendapat remisi dan 1 langsung bebas.

Hal ini berdasarkan keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI No. W15-2227-PK.01.01.02 Tahun 2013 tentang Pemberian Remisi Umum 17 Agustus Tahun 2013 Kepada Narapidana dan Anak Pidana , Penerima Remisi Umum untuk Narapidana Rumah Tahanan Trenggalek sebanyak 52 orang.

Adapun rinciannya sebanyak 4 orang mendapat  remisi 5 bulan,7 orang mendapat 4 bulan remisi, 16 orang memperoleh remisi 3 bulan,10 orang remisi 2 bulan serta 15 orang remisi 1 bulan.

Masih menurut Kepala Rutan, dari 154 orang napi 3 kasus terbanyak yaitu perlindungan anak /Asusila sebanyak 39 orang, Narkoba sebanyak 37 orang dan perjudian 24 orang. Hal yang perlu disyukuri, hingga saat ini  Rutan Trenggalek dalam keadaan aman dan kondusif. “Hal ini tidak terlepas dari kerjasama/peran serta instansi terkait , karena program pembinaan tidak berdiri sendiri” jelas Kepala Rutan Trenggalek.

Sementara itu, dari kapasitas Rutan sebanyak 250 orang terisi 154 orang. Untuk mempersiapkan mental dan pembekalan selepas dari rutan, para napi mendapatkan pembinaan diantaranya pembinaan kepribadian serta pembinaan kemandirian.

Namun masih disayangkan, menurut Kepala Rutan hingga saat ini Rutan Trenggalek masih kekurangan personil serta sarana dan prasarana. “Akan tetapi  dengan segala kekurangan ini tidak menjadi kendala untuk terus berupaya membina para napi dengan baik , agar kelak setelah mereka bebas bisa memperbaiki diri dan bisa bermanfaat di masyarakat” pungkasnya

Selanjutnya, Bupati Trenggalek, Dr.Ir.Mulyadi, WR, MMT dalam sambutannya menyatakan bahwa pemberian remisi ini mampu memberikan hikmah khususnya kepada penghuni rutan. Para narapidana mampu menata kehidupan kedepan yang lebih baik, dan jangan justru menjadikan semangatnya semakin kendur dalam menapaki kehidupan selanjutnya. “Untuk itu kesabaran, ketabahan, dan keikhlasan dalam menjalani segala cobaan merupakan kunci penting dalam meraih sebuah kesuksesan. Tidak lupa Bupati berpesan agar dengan pemberian remisi ini para narapidana akan lebih cepat bebas dan dapat segera kembali ketengah-tengah masyarakat, bertemu orang tua , istri serta anak. Sehingga kedepannya dapat melakukan kegiatan positif dalam rangkaian mengisi kemerdekaan. “Remisi ini merupakan momentum penting bagi saudara dalam menatap masa depan lebih baik” ungkap Bupati.

Sedangkan yang belum mendapat remisi atau telah memperoleh remisi namun belum bebas saya harap bersabar. “Isilah kemerdekaan ini dengan berbuat baik terhadap sesama selama di Rutan sesuai dengan ketentuan atau tata tertib yang ada” terang Bupati.
Sumber: humas.trenggalek

0 Response to "52 Tahanan Rutan Trenggalek Mendapat Remisi"

Perhatian!
Silahkan beri komentar Anda dengan sopan tanpa menyinggung agama atau ras tertentu.

Jika ingin menyertakan tautan menuju situs web tertentu, harap komentar yang berhubungan dengan topik, agar komentar Anda bisa kami publikasikan. Terima kasih.