Selasa, 23 Juli 2013

Panwaslu Trenggalek Tertibkan Baliho Cagub

Panwaslu Trenggalek Tertibkan Baliho Cagub - Untuk pertama kalinya, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Trenggalek bersama Polres Trenggalek beserta satpol-PP melakukan penertiban atribut Pilihan Gubernur ( pilgub ) Jatim, kemarin. Penertiban atribut tersebut menyasar kawasan pusat perkotaan mulai dari areal jalan Mayjend Sungkono, jln Agus Salim hingga Pogalan dan Tugu. Sementara di kawasan pinggir perkotaan, baliho maupun banner yang melanggar masih terpasang.

Ketua Panwaslu Kabupaten Trenggalek Andi Sofyan disela-sela penertiban kemarin, menegaskan, bahwasannya baliho yang diturunkan melanggar tiga peraturan sekaligus yaitu Peraturan KPU nomor 14 tahun 2009, Peraturan Bupati nomor 28 tahun 2007, dan Undang-Undang nomor 32 tahun 2004. Dalam aturan tersebut, disebutkan jika pemasangan baliho dilarang memanfaatkan fasilitas umum, yang meliputi masjid, perkantoran milik pemerintah, sekolahan, baik itu tiang listrik maupun pohon perindang.

"Kami tertibkan semua baliho yang melanggar tiga peraturan itu. Selain itu, saat ini belum memasuki kampanye pilgub dan yang direncanakan pada tanggal 12 hingga 25 Agustus 2013 nanti," katanya.

Menurutnya, penertiban baliho ini atas adanya intruksi Bawaslu Propinsi agar panwaslu segera untuk menertibkan baliho maupun reklame yang tak berijin serta untuk segera menertibkan semua atribut yang berkaitan dengan pilgub .

”Pada hari ini merupakan penertiban pertama yang dilakukan sejak masa ada surat yang berakhir tanggal 19 / 7 setelah semua tim sukses diberi tahukan soal akan dilaksanakan penertipan baliho dan reklame pilgub. Kami akan turunkan semua kalau itu sudah jelas melanggar dan tak berijin di dalam kota maupun diluar kota. Di pinggir kota atau diwilayah pelosok pedesaan itu nanti kita serahkan ke panwascam masing – masing kecamatan segera kordinasi dengan satpol – PP kecamatan serta polsek setempat. Tetapi semuanya kami lakukan bertahap, karena personel yang ada juga terbatas," imbuhnya.
(surabayapagi.com)

Advertiser