Rabu, 24 Juli 2013

Akademi Komunitas Negeri Trenggalek Menerima Pendaftaran Mahasiswa Baru

Akademi Komunitas Negeri Trenggalek Menerima Pendaftaran Mahasiswa Baru - Akademi Komunitas Negeri (AKN) Trenggalek tahun ajaran 2013/2014 ini mulai menerima pendaftaran mahasiswa baru, meski secara kelembagaan sekolah tinggi setingkat diploma ini belum memiliki gedung sendiri.

Kepastian tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindik) Kabupaten Trenggalek, Kusprigianto, Rabu, saat menanggapi pertanyaan wartawan terkait banyaknya lulusan sekolah menengah atas/kejuruan di daerah tersebut yang tidak melanjutkan pendidikan.

"Salah satu upaya yang kami lakukan adalah mendirikan lembaga pendidikan tinggi seperti halnya AKN untuk menampung mahasiswa baru di daerah," terangnya.

Dijelaskan, untuk tahun pertama ini, AKN Trenggalek diproyeksikan bisa memfasilitasi warga Trenggalek yang tidak bisa melanjutkan pendidikan ke tingkat lanjut yang umumnya berada di kota besar.

Apalagi sesuai arahan dari direktorat pendidikan tinggi (DIKTI), AKN lebih diarahkan untuk mempersiapkan tenaga kerja terlatih, sehingga siap kerja saat lulus nanti.

"Jurusan yang dibuka hampir sama dengan yanga da di SMK, salah satunya teknik dasar listrik," kata Kusprigianto.

Terkait prasarana pendidikan, terutama gedung AKN yang belum tersedia, Kus mengatakan tidak menjadi persoalan.

Hal itu dikarenakan para mahasiswa baru untuk sementara bisa menggunakan fasilitas gedung maupun laboratorium yang ada di SMKN 1 Trenggalek.

Selebihnya, pembangunan gedung dan prasarana lain untuk fasilitas mandiri AKN akan mulai dibangun dalam beberapa tahun ke depan, seiring dengan bertambahnya jumlah mahasiswa AKN Trenggalek.

"Saat ini gedung kuliah masih dalam tahap perencanaan," katanya menambahkan.

Lahan yang dipersiapkan sebagai gedung perkuliahan lokasinya terletak di selatan SMKN 1 Trenggalek.

Lahan yang masih berupa persawahan itu merupakan lahan milik Pemkab Trenggalek yang sudah disiapkan jauh-jauh hari dan sudah mendapat izin.

Sementara, kalangan DPRD Trenggalek menanggapi kritis rencana pembangunan gedung AKN di daerah pusat kota tersebut.

Mereka juga mengingatkan agar pemerintah daerah bersungguh-sungguh mengurus perguruan tinggi negeri yang akan menjadi kebanggaan warga Trenggalek itu.

Pasalnya secara langsung maupun tidak langsung, keberadaan AKN diyakini ikut mengangkat sosial ekonomi warga sekitar kampus, kelak.

"Siapa tahu ada mahasiswa luar kota yang sekolah di sini, tentunya itu bagus untuk perkembangan kota ini ke depannya," ujar Plt Ketua DPRD Trenggalek Samsul Anam. (*)

sumber: antarajatim.com

Advertiser