Kamis, 16 Mei 2013

Pelatihan SAR Dipusatkan di Trenggalek

Pelatihan SAR Dipusatkan di Trenggalek - Sebagai salah satu negara anggota International Civil Aviation (ICAO) dan International Maritime Organization (IMO) maka wajib bagi seluruh wilayah di Indonesia untuk menyiapkan pelayanan jasa SAR bagi sektor transportasi laut dan transportasi udara. Sebuah kebanggaan, Kabupaten Trenggalek kali ini dipercaya sebagai tempat pelatihan SAR bagi potensi SAR Jawa Timur yang akan diselenggarakan mulai tanggal 14-17 Mei 2013.

Turut Hadir dalam upacara pembukaan, Komandan Lanud Iswahjudi, Komandan Lanud Abdulrahman saleh, komandan Korem 081 Madiun, para komandan Kodim, para Kapolres, para Kepala Dinas, Direktur dan Ketua Organisasi potensi SAR di seputar wilayah Kabupaten Trenggalek, kepala kantor SAR kelas A Surabaya , bertempat di Halaman Pendopo Manggala Praja Nugraha.

Dalam laporan ketua panitia, pelatihan SAR bagi potensi SAR Jawa Timur akan dilaksanakan selama 4 hari yang bertempat di Kabupaten Trenggalek dan Waduk Wonorejo Kabupaten Tulungagung. Diikuti sekitar 60 peserta yang berasal dari berbagai macam unsur Pemerintah Kabupaten/Kota di Jawa Timur /TNI/ POLRI/SIPIL dan organisasi masyarakat berpotensi SAR yang berada di wilayah pembinaan kantor SAR kelas A Surabaya.

Pelatihan SAR ini memiliki beberapa tujuan diantaranya ingin membekali keterampilan dan kemampuan operasi SAR bagi para peserta pelatihan, sehingga menghasilkan sumber daya manusia yang tangguh dan memiliki kemampuan serta pengetahuan yang teruji dalam pelaksanaan operasi SAR khususnya di gunung, hutan dan air. Selain itu diharapkan terciptanya standarisasi prosedur operasi SAR bagi potensi SAR jawa Timur Dengan penerapan prosedur operasi SAR yang sesuai ketentuan Badan SAR Nasional, diharapkan semua potensi SAR didalam penanganan setiap kejadian musibah atau bencana dapat berjalan secara optimal.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Pelaksana Direktur Bina Ketenagaan dan Pemasyarakatan SAR BASARNAS Marsekal Pertama (TNI) Hadi Tjahjanto, SIP selaku inspektur upacara dalam amanatnya mengungkapkan bahwa pelatihan ini adalah bentuk pembelajaran awal yang dilakukan oleh Potensi SAR untuk memberikan bekal ilmu pengetahuan, keterampilan serta pembentukan sikap mental kepada para peserta dengan harapan setelah menyelesaikan program pelatihan ini.

Advertiser