Jumat, 05 April 2013

" MANGGALA PRAJA NUGRAHA" Nama Baru Pendopo Kabupaten Trenggalek

" MANGGALA PRAJA NUGRAHA" Nama Baru Pendopo Kabupaten Trenggalek
" MANGGALA PRAJA NUGRAHA" Nama Baru Pendopo Kabupaten Trenggalek  - Sebutan atau nama suatu tempat adalah penting, kerena dengan nama atau sebutan itulah sesuatu baik berupa benda, orang maupun tempat dapat dikenali dan dibedakan dengan sebutan atau namanya itu.

Setelah mengalami renovasi terakhir tahun lalu, Pendopo Kabupaten Trenggalek semakin tampak gagah dan berwibawa. Dengan  renovasi yang tetap menjaga bentuk aslinya sehingga tidak menghilangkan nilai sejarahnya meskipun dari segi meterial dan ketinggiannya bertambah, hal ini malah akan menambah kesempurnaan proporsi dan nampak lebih megah jika di pandang dari kejauhan.

Untuk melengkapi kesempurnaan Pendopo ini perlu di beri nama atau sebutan agar seluruh masyarakat Trenggalek ikut merasa bangga mamiliki Pendapa besar dengan nama yang bisa di ingat yang dapat disebutkan sebagaimana bangunan-bangunan milik rakyat yang lain seperti Masjid Agung Baitur Rahman, Gedung Bhawarasa dll.

Seperti di kutip blog panggul dari trenggalekkab.go.id Selasa malam 02 April 2013 merupakan hari yang bersejarah dan paling istimewa bagi Pemerintah Kabupaten Trenggalek khususnya dan seluruh masyarakat pada umumnya. Karena malam itu Mantan Bupati Trenggalek berkumpul untuk membahas nama baru untuk Pendapa Kabupaten Trenggalek. Mantan Bupati tersebut adalah mantan Bupati Slamet, Soedarso, dan Soeharto, hadir pula penggagas sejarah Trenggalek Abdul Hamid Willis.selain itu hadir pula Bupati Trenggalek beserta Istri, Wakil Bupati beserta Istri seluruh jajaran SKPD, Camat se Kabupaten Trenggalek.

Menurut sejarah dari Nenek moyang terdahulu untuk penamaan sesuatu harus memiliki pedoman, baik nama orang, bangunan atau nama lain yaitu “ Asma Kinarya Japa” yang artinya nama digunakan sebagai Do’a.Hal ini terkandung maksud bila kita memberi nama sesuatu hendaknya dipilih yang baik dan disesuaikan dengan keinginan agar apa yang akan kita inginkan dan cita-citakan bisa terwujud pada sesuatu yang kita beri nama nanti.

Pendapa Trenggalek adalah anugerah dari Allah SWT kepada pemimpin dan masyarakat Trenggalek,sehingga Pendapa ini merupakan milik seluruh masyarakat yang setiap saat siap dapat di manfaatkan untuk berbagai kegiatan, sehingga diharapkan Pendapa ini menjadi pusat kegiatan yang baik pemerintah dan masyarakat dalam upaya mencapai cita-cita bersama yaitu masyarakat yang adil makmur sejahtera dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa.

" MANGGALA PRAJA NUGRAHA" Nama Baru Pendopo Kabupaten Trenggalek Manggala Praja Nugraha mulai hari itu juga Tepat Pukul 21.00 Pendapa Kabupaten Trenggalek memiliki  nama di atas setelah diresmikan Bupati Trenggalek Dr.Ir Mulyadi, WR.MMT yang disaksikan secara langsung oleh Mantan Bupati terdahulu yang ditandai dengan pemotongan tumpeng.

Sesuai kamus KAWI ( Djawa Kuno ) – Indonesia yang di susun oleh Prof. Drs. SUWOJO-WOJOWASITO , Manggala Memiliki dua arti yaitu yang pertama Bahagia,untung,berkat dan yang ke dua Pemimpin, Praja artinya Rakyat, sedangkan Nugraha artinya Anugerah. Sehingga’’ Manggala Praja Nugraha’’ memiliki arti anugerah atau berkah berupa kebahagiaan dan keberuntungan bagi Pemimpin dan Rakyat.

Bupati Trenggalek dalam sambutannya berharap dengan pemberian nama di atas Pendapa Kabupaten Trenggalek bisa lebih di kenal  masyarakat dari Kabupaten lain,dan seluruh masyarakat Trenggalek sendiri karena memiliki Pendapa yang Megah dan Nama yang indah.Semoga pemimpin dan rakyat bisa saling bersatu dan berkumpul bersama di Pendapa ini untuk menggapai cita-cita dan kebahagiaan yang sempurna, lahir batin dan dunia akhirat’’ do’a Bupati di hadapan seluruh undangan yang hadir”.

Advertiser