Rabu, 27 Maret 2013

SMAN I Karangan Sebagai Duta Seni Kabupaten Trenggalek

SMAN I Karangan Sebagai Duta Seni Kabupaten Trenggalek - SMAN I Karangan Trenggalek (SMANESKA) yang terletak di jalan Trenggalek – Ponorogo Km. 03  ini didirikan 1 Juli 1991 oleh Menteri Pendidikan dan  Kebudayaan Republik Indonesia  terus berupaya Membentuk siswa kreatif, inovatif, dan cerdas yang mampu berkompetisi di era global dan mendidik, melatih siswa agar mampu bersaing di perguruan tinggi terbaik di dalam maupun di luar negeri dan menjadi manusia pembelajar kompeten sepanjang hayat dan meningkatkan perluasan pemerataan serta peningkatan mutu pendidik Seni Budaya di sekolah dalam pengembangan karakter dan budi pekerti bangsa dan juga mewujudkan internalisasi budaya kepada pelajar yang lain melalui kegiatan pergelaran, festival, pameran, parade dan bentuk sajian seni budaya yang positif . Betempat di Alun – Alun Kota Madiun SMAN I Karangan mampu menampilkan yang terbaik di hadapan Sekda Provinsi Jawa Timur dan para penonton dalam acara Pergelaran Seni Pertunjukan Padang Rembulan tahun 2013. Pentas Seni Pelajar se JATIM dengan menampilkan seni Jaranan Turonggo Yakso Krido Budoyo pada hari Sabtu pukul 20.00 dihadiri oleh  kepala sekolah dan pembina ekstrakurikuler dibidang kesenian .
 
Seperti di kutip blog panggul dari humasprotokol.trenggalekkab.go.id Dalam 2 Tahun berturut – turut ini memang SMAN I Karangan  dipercaya oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur  untuk mengisi acara tersebut dengan menampilkan tari Turonggo Yakso sebagai tarian asli Trenggalek dan banyak pula pertunjukan yang dihadirkan dari kabupaten lain seperti tarian, Karawitan anak, Tari remaja, Reog Ponorogo.

Pada Pergelaran Seni Pertunjukan Padang Rembulan dapat terselenggara secara kontinyu dan teragenda mulai tahun 2010 sampai dengan 2013 kesempatan ini sekaligus mengawali program kegiatan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur dalam bentuk pertunjukan Seni Padang Rembulan dilaksanakan di berbagai kota secara bergiliran. Kegiatan ini merupakan wadah ekspresi kreatif dalam bentuk karya seni yang ada di sekolah baik tradisi maupun modern untuk bisa di apresiasi oleh peserta didik, tenaga pendidik dan masyarakat pada umunya. Seni tradisi atau modern yang dikemas dalam bentuk pertunjukan ini sebagai wujud kreatifitas serta kepedulian guna menggali beragam kesenian yang ada. Pengembangan aktivitas disekolah melalui berkesenian diharapkan anak didik akan memiliki karakter, kepribadian luhur, jujur, disiplin, bertanggung jawab dan kreatif.
 
Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam hal ini Dinas Pendidikan, senantiasa memberikan prioritas dan konsentrasi pada program – program pembelajaran seni budaya melalui peningkatan dan pengembangan program pendidikan seni budaya maka akan membentuk karakter dan menumbuhkan jiwa nasionalisme pada peserta didik sekaligusb menyuburkan kreativitas generasi dan secara perlahan akan membawa kembali bangsa ini untuk menjadi bangsa yang lebih mandiri sehingga dalam pergaulan global, sumber daya manusia yang mampu berkompetisi sesuai dengan kompetensinya.
 
Pada kesempatan ini  Reny Yulis Wiyanti selaku kepala sekolah SMAN I Karangan mengucapkan terima kasih banyak kepada semua pihak baik panitia maupun pembina ekstrakurikuler dibidang kesenian yang mendukung mengikuti kegiatan Gelar Seni Pertunjukan Padang Rembulan semoga di tahun kedepan akan lebih baik lagi dengan bertujuan sebagai wahana mempererat persatuan dan kesatuan diantara pelajar dan juga memberikan ruang ekspresi kreatif peserta didik dalam bentuk berkesenian.   

Advertiser