Senin, 18 Maret 2013

Pemkab Trenggalek Siapkan Rp 1,39 Miliar untuk Pesangon Kades

Pemkab Trenggalek Siapkan Rp 1,39 Miliar untuk Pesangon Kades - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek, Jawa Timur, menyiapkan anggaran sebesar Rp 1,39 miliar untuk pesangon 139 kepala desa yang akan berakhir masa jabatannya pada tahun 2013 ini.

Seperti di kutip lensaindonesia.com Kepala Badan Perlindungan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Trenggalek Wahyudi mengatakan, setiap kepala desa yang berakhir masa jabatannya bakal mendapatkan tali asih sebesar Rp 10 juta per orang.

“Untuk semua kepala desa besarannya sama, baik itu yang mencalonkan lagi maupun yang tidak mencalonkan. Ini semacam bentuk terimakasih dari pemerintah terhadap pengabdian yang telah dilakukan selama enam tahun,” katanya, Senin (18/03/2013).

Ia merinci, dari 139 kepala desa tersebut 125 di antaranya pensiun pada tanggal 18 April mendatang, sedangkan 14 sisanya bervariasi antara bulan Januari hingga Desember.

Menurut Wahyudi, pemberian pesangon tersebut tidak menyalahi aturan. Karena telah sesuai dengan peraturan daerah (perda) serta dijelaskan dalam peraturan bupati.

Bahkan, lanjutnya, nilai pesangon yang diberikan lebih besar dibanding periode sebelumnya.
“Uang tersebut rencananya akan kami diberikan bersamaan dengan berakhirnya masa jabatan dan semoga walaupun sedikit bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya,” imbuhnya.

Wahyudi menambahkan, selain kepala desa, pihaknya juga mengalokasikan dana untuk pesangon sekretaris desa (sekdes) yang akan pensiun.
Untuk tali asih orang nomor dua di pemerintahaan desa tersebut pihaknya memberikan alokasi anggaran Rp 20 juta per orang.

Jumlah tersebut lebih besar dibanding kepala desa, karena mempertimbangkan masa jabatan yang lebih panjang.

“Untuk sekdes itu masa baktinya cukup lama, atau hingga usianya 60 tahun, sedangkan kades hanya enam tahun saja. Selain itu tanggung jawab yang diemban juga cukup berat,” ujarnya.

Advertiser