Rabu, 27 Maret 2013

Bupati Buka Sosialisasi Kearsipan

Bupati Buka Sosialisasi Kearsipan - Di era teknologi dan informasi yang begitu dasyat, fungsi kearsipan menjadi semakin penting karena arsip merupakan bukti pertanggung jawaban pelaksanaan sebuah kegiatan sekaligus menjadi sejarah yang tidak dapat dipisahkan. Sejalan dengan pencanangan program pemerintah pusat yaitu program arsip masuk desa dan kelurahan tahun 2014. Pemerintah Kabupaten Trenggalek tidak tinggal diam menyikapi hal tersebut, guna menyukseskan program pemerintah pusat  melalui Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Trenggalek mengadakan kegiatan Sosialisasi Kearsipan.

Seperti dikutip blog panggul dari humasprotokol.trenggalekkab.go.id Kegiatan Sosialisasi Kearsipan, diawali laporan Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Trenggalek Drs. Mufti Ahmadi yang menyampaikan beberapa hal antara lain, waktu pelaksanaan sosilalisasi kearsipan hari Senin 25 Maret 2013, bertempat di Aula Rumah Makan Mekar Sari, diikuti 115 peserta, serta materi disampiakan oleh nara sumber dari  Perpustakaan Provinsi  Jawa Timur dan Polres Trenggalek. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyimpan dan memelihara arsip/dokumen yang baik bagi seluruh aparat pemerintah, satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang merupakan bagian dari pemerintah daerah.

Bupati Trenggalek Dr. Ir. Mulyadi WR. MMT, dihadapan Asisten I, Kepala Badan Kearsipan Provinsi Jawa Timur , kepala SKPD serta tamu undangan lain mengatakan bahwa pada umumnya pengelolaan arsip di SKPD masih belum sesuai yang diharapkan, persepsi masyarakat terhadap arsip masih sangat kurang seringkali arsip masih dinilai sebagi kertas usang di gudang dan bahkan sering mengabaikan bahwa arsip sebenarnya juga berfungsi sebagai alat bukti dan bahan pertanggungjawaban. Arsip bukan hanya berupa kertas tapi bisa berbentuk dan bercorak seperti foto, pita suara, film, disket, elektronik dan sebagainya. “ Sistem informasi pengelolaan arsip harus dipelajari dan diaplikasikan pada SKPD yang merupakan bagian dari struktur pemerintahan Kabupaten Trenggalek dan menjadi contoh bagi pemerintahan dibawahnya seperti kelurahan / desa dalam sistem penataan dan penyimpanan arsip/dokumen yang baik “ tambah Bupati Trenggalek, sekaligus membuka Sosialisasi Kearsipan tahun 2013.

Advertiser