Rabu, 02 Mei 2012

TAMAN KILI-KILI DESA WONOCOYO PANGGUL TRENGGALEK

Selain Pantai Pelang, Wonocoyo juga memiliki Pantai tersembunyi. Taman Kili-Kili namanya. Kenapa disebut Pantai tersembunyi? Karena tidak banyak wisatawan yang tahu keberadaan pantai ini. Hanya penduduk setempat saja yang tahu. Itu pun tidak semuanya pernah mengunjungi tempat tersembunyi ini.
Taman Kili-Kili adalah pantai yang terletak di sebelah timurnya Pantai Pelang. Dengan Pantai Pelang terpisahkan oleh perbukitan dengan bebatuan karang yang cukup terjal. Ini membuat jalan setapak dari Pantai Pelang  menuju Taman Kili-Kili jarang dilewati orang.
Tapi sebetulnya, selain jalan setapak tadi  ada jalan lain menuju Taman Kili-Kili. Yakni jalan yang membentang di tengah persawahan dan  pertambakan yang ada di sebelah Timur Dusun Bendogolor. Tapi sayangnya jalan ini baru bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua.
Dari sisi pemandangan, Taman Kili-Kili memang tidak seindah dan “sekaya” Pantai Pelang.  Namun saat Sunrise atau Sunset nampak indah kalau dinimati dari Pantai ini. Pantainya hanya berupa hamparan pasir yang di sepanjang tepinya dirimbuni pohon Pandan Laut; adalah sejenis Pandan berduri yang lazim tumbuh di pantai dan daunnya bisa digunakan untuk membuat anyaman tikar. Satu hal yang amat berbeda dan eksxlusif; Taman Kili-Kili adalah tempat Konservasi Penyu di Desa Wonocoyo. Karena di Pantai inilah di sekitaran bulan Mei hingga September banyak Penyu atau orang setempat menyebutnya Pasiran singgah dan bertelur.
Dari tujuh (7) species Penyu yang dikenal selama ini, ada enam jenis yang ditemukan bertelur di Pantai Taman Kili-Kili. Untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi kategori Konservasi Penyu di situs ini.

http://www.desawonocoyo.com/taman-kili-kili-desa-wonocoyo.html

Advertiser