Rabu, 02 Mei 2012

MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI PANGGUL KAB. TRENGGALEK

Adalah satu-satunya Madrasah setingkat SMP yang ada di Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek dengan status Negeri.  Madrasah ini berdiri pada tahun 1975, yang diawali dengan difusikannya PGA (Pendidikan Guru Agama) 4 tahun diganti dengan Madrasah yang sederajat dengan SMP yaitu Madrasah Tsanawiyah, yang madrasah ini adalah Madrasah Tsanawiyah Negeri Trenggalek yang dikelas jauhkan (Filial) di Kecamatan Panggul yang berjarak kurang lebih 52 km dari Madrasah induknya.



Sesuai dengan perkembangan jaman pada tahun 1995 Madrasah ini sudah berstatus Negeri dan berubah namanya menjadi “Madrasah Tsanawiyah Negeri Panggul”. Mulai saat itulah MTsN Panggul berkembang sangat cepat, yang awalnya hanya terdiri dari 3 ruang kelas sekarang tahun 2010-2011 ini sudah menjadi 15 ruang kelas dengan jumlah siswa sebanyak 561 anak. MTsN Panggul tidak lagi menjadi pilihan kedua setelah SMP Negeri, tapi benar-benar Madrasah pilihan masyarakat di Kecamatan Panggul khususnya dan kecamatan-kecamatan lain pada umumnya. Siswa-siswinya berasal bukan hanya dari kecamatan Panggul saja, tetapi juga dari kecamatan-kecamatan lain seperti Kec. Dongko, Kec. Munjungan, Kec. Pule dan bahkan ada yang dari Kec. Sudimoro Kab. Pacitan.


 Tidak ketinggalan dengan sekolah-sekolah lain, MTsN Panggul juga menyajikan berbagai macam kegiatan, baik kegiatan rutin maupun kegiatan yang sifatnya insidental. Kegiatan tingkat madrasah, tingkat kecamatan maupun tingkat kabupaten yang dikelola oleh madrasah sendiri. Kegiatan tersebut misalnya, lomba MTQ, lomba kebersihan kelas untuk kegiatan tingkat Madrasah, Lomba MIPA dan B. Inggris SD/MI untuk tingkat Kecamatan, serta lomba Siaga Terampil untuk tingkat Kabupaten.


Demikian pula sebaliknya siswa-siswi MTsN Panggul ada yang terpilih untuk mewakili peserta lomba mulai dari tingkat Kecamatan sampai dengan tingkat Nasional. Tahun 2008 siswa MTsN Panggul terpilih sebagai peserta sepak takrow mewakili Indonesia ke Thailand, tahun 2008 terpilih sebagau wakil peserta Jambore Nasional di Cibubur dan tahun 2011 ini setelah melalui seleksi yang ketat di tingkat Kwarcab, akhirnya terpilih juga menjadi peserta Jambore Nasional di Luar Jawa, Palembang wakil dari Kabupaten Trenggalek.

 Pendek kata dalam berbagai kegiatan MTs Negeri Panggul jelas tidak ketinggalan, Marching Band “WAHDANADA” menjadi pelopor maraknya group-group drumband yang ada di kecamatan Panggul, yang selalu tampil dalam berbagai kegiatan baik peringatan hari besar nasional maupun Islami.


Keberhasilan Madrasah Tsanawiyah Negeri Panggul ini berkat kerjasama yang baik antara pihak madrasah dengan instansi lain, orang tua/wali murid serta kedisiplinan para guru dan pegawai serta siswa.

 
Sumber: http://mtsnegeripanggul.blogspot.com/p/profil.html

Advertiser